Sabtu, 05 November 2016

Apa sih Artinya Endorse

Apa sih Artinya Endorse - Beberapa waktu yang lalu, sebenernya hampir setahun yang lalu lah kurang lebih. Ada seorang teman memperbincangkan sebuah kata "Endorsement" pada pesan pribadinya lewat WhatsApp denganku. Dia bilang "Coba deh kamu endorse jualanku ini". Selang beberapa detik membaca otakku ini rada roaming, dalam hati bertanya "Endorse? Makanan apaan tuh?". Trus temanku itu bilang lagi dan menyebut kata "Endorsement" dalam kata-katanya. Mau tanya tapi gengsi dongs, ntar disangka kudet gitu. Dooohhh...

Apa sih Artinya Endorse

Aku pikir-pikir sampai akhirnya aku berpikir dan menyimpulkan sendiri kalau Endorsment itu adalah :

  • En/ In : Di dalam
  • Doors : Pintu
  • Sement : Semen

Tapi kok ora nyambung yak? Kan dagangannya dia bukan semen? Trus aku disuruh nyemen gitu? Hahaha...

Tapi sering lihat sih karena aku termasuk anak muda yang sering aktif upload foto di Instagram, kalau follow artis-artis mesti ada aja yg ngetag #endorse atau komen yang bilang "kak, boleh endorse ga?". Njug, endorse ki opo toh sakjane cah? hahaha...

Nah, karena aku anak sok update yang padahal ya kudet hahha...Akhirnya aku pergi ke dukun untuk bertanya kata "Endorse" ini, dukun yang aku datengin ini dukun mujarab yang sangat terkenal di seantero jagat, didunia ini siapa sih yang gak kenal beliau. Mbah Google, yap dukun yang satu ini yang aku sambangi hahaha...

Menuliskan keyword "Endorse" adalah hal pertama yang aku lakukan. Dan banyak banget artikel yang bahas soal endorse. Setelah aku membaca tibalah saatnya aku menyimpulkan, owh ternyata endorse itu promosi barang dagangan kita (online shop) lewat orang-orang terkenal atau artis.

Terus gw artis dong kalau gitu? wkwkwkw... #senyumsenyumlebarsekali

Tapi ternyata arti kata endorse sendiri mengandung arti mendukung atau memberi saran, tapi yang aku lihat selama ini adalah online shop memberikan barang mereka secara GRATIS kepada orang-orang terkenal atau artis, sebagai gantinya si orang terkenal/ artis tersebut mengupload foto mereka dengan memakai produk si online shop itu di social media dan tidak lupa juga dalam captionnya menyebutkan nama online shop. Ngertikan maksudku? Kalau gak ngerti yaweslah hahhaa...

Padahal kalau dilihat dari arti katanya mendukung atau memberi saran bukankah foto itu gak wajib-wajib banget? Tetapi cukup dengan si artis memakai produk tersebut, menyarankan kepada teman dan menyebutkan nama online shop ketika mereka manggung ataupun pentas.

Tapi yaitu tadi karena sebuah kebiasaan yang sudah merajalela dan sudah menjadi trend di negara kita maka kata-kata endorse bisa diartikan memberikan barang secara GRATIS ke artis, trus si artis upload foto di medsosnya dengan menyebutkan nama online shop. Titik! Hehe...

Dan manfaatnya endorse ini bagi online shop katanya sangat signifikan loh, bisa meningkatkan penjualan sampai berkali-kali lipat. Wow...Amazing!

Tapi-tapi ada beberapa artikel yang menuliskan bahwa, penggunaan istilah endorse yang ada sekarang adalah salah kaprah. Why? Misal, Ada yang bilang kalau Michele Jordan dia di-endorse oleh brand Nike. Tetapi yang terjadi adalah (penggunaaan istilah yang tepat) Nike membayar Michele Jordan untuk meng-endorse produk mereka, karena Michele Jordan adalah seorang public figure dimana endorsement dapat membantu meningkatkan penjualan sepatu Nike. See?

Tetapi karena penggunaan kata endorse yang sudah terbalik di media periklanan ya maka itu yang mem-booming dan menjadi trend terkini.

Nah, sekarang aku sudah gak kudet lagi. Sudah tahu arti kata endorse, ya walaupun gak tahu-tahu banget sih. Yang penting cukup tahu biar gak dikata kudet.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar